oleh

Hari Laut Sedunia, Simak!!! Begini Sejarahnya

LENSAISH.COM Hari Laut Sedunia 2021 atau World Ocean Day dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 8 Juni. Tahun ini Hari Laut Sedunia jatuh pada Selasa, 8 Juni 2021.

Sebagaimana dikutip dari laman Worldoceandays.org Hari Laut sedunia merupakan perayaan yang dihelat sebagai dedikasi kepada laut-laut di dunia. Sebagai momen untuk kembali menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan ekosistem laut.

Sejarah Hari Laut Sedunia dimulai dari United Nations Conference on Environment and Development pada tahun 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Pada saat itu, delegasi asal Kanada mengemukakan gagasan tentang adanya hari peringatan yang berkaitan dengan kelautan. Gagasan itu tidak langsung diresmikan. Pada 1998 Intergovernmental Oceanographic Commission of UNESCO gencar berkampanye supaya Hari Laut diperingati secara internasional.

Baca Juga  Cuti Bersama Natal dan Tahun Baru Dihapus, Masyarakat Diimbau Tidak Mudik

Baca Juga:

Selanjutnya, dua organisasi konservasi yaitu, World Ocean Network dan The Ocean Project bersama kelompok lingkungan mulai merayakan Hari Laut pada 2002. Mereka juga melakukan kampanye mendorong agar PBB dapat mengesahkan Hari Laut Sedunia. Mengingat bahwa 70 persen dari planet Bumi merupakan lautan, maka dari itu sangat penting melestarikan dan menjaga kehidupan laut.

Lautan menghasilkan setidaknya 50% oksigen bagi kehidupan manusia, sebagaimana dilansir dari National Ocean Service. Tidak hanya itu, industri laut juga mempekerjakan sekurang-kurangnya 40 juta penduduk yang ada di dunia. Oleh karena itu, konservasi laut harus dibumikan oleh semua negara di dunia. Akhirnya pada 2008, PPB meresmikan Hari Laut Sedunia.

Baca Juga  Poin-Poin Penting Terkait Larangan Mudik Lebaran 2021
  • Peringatan Hari Laut Sedunia dirayakan dengan beragam kegiatan, beberapa diantaranya yaitu pembersihan pantai dan konsisten untuk tidak membuang sampah apa pun ke laut. Dilansir dari Edunitas.com Tujuan peringatan Hari Laut Sedunia (World Oceans Day) yaitu:
  • Untuk mengingatkan semua orang tentang peran utama lautan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka adalah paru-paru planet kita, memberikan sebagian besar oksigen yang kita hirup
  • Untuk menginformasikan kepada publik tentang dampak dari tindakan manusia di laut
  • Untuk mengembangkan gerakan dunia dari warga untuk laut
  • Untuk memobilisasi dan menyatukan penduduk dunia pada sebuah proyek untuk manajemen berkelanjutan dari lautan di dunia. Mereka adalah sumber utama makanan dan obat-obatan dan bagian penting dari biosfer.
  • Untuk merayakan bersama-sama keindahan, kekayaan, dan masa depan laut.
Baca Juga  Gerak Cepat, GRI Buka Kelas Akademi Riset dan Penulisan Level 1

Baca Juga:

Bagaimana kita dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan merayakan hari laut sedunia? Di masa pandemi Covid-19 ini, peringatan Hari Laut Sedunia dilaksanakan melalui telekonferensi dan seminar daring yang mengundang pakar kelautan internasional yang membahas tentang hubungan antara samudera dan ekosistemnya, biodiversitas laut, penemuan sains kelautan terbaru, dan lain sebagainya.

Untuk melihat jadwal, rangkaian acara, dan pembicara dalam peringatan Hari Laut Sedunia PBB dapat mengakses tautan https://unworldoceansday.org/un-world-oceans-day-2021/

  • Kontributor: Lfianty

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *