oleh

Hasil MotoGP Emilia Rogmana 2021; Dramatis, Quartararo Juara Dunia!

LENSAISH.COM, MISANO – Pebalap Yamaha Fabio Quartararo, resmi mengunci gelar juara dunia MotoGP 2021, setelah mampu finish di posisi keempat, dan pesaing terdekatnya Francesco Bagnaia harus gagal finish karena terjatuh.

MotoGP Emilia Rogmana 2021 yang dihelat pada Minggu (24/10/2021) berjalan sengit sejak awal balapan. Pebalap Ducati, Bagnaia, langsung melesat saat lampu tanda balapan dimulai menyala.

Pecco, julukan Bagnaia, memang berambisi memperpanjang perebutan gelar juara dunia, sekaligus memanfaatkan momentum Quartararo yang harus start dari posisi ke-15.

Pada lima putaran awal, balapan berlangsung cukup perlahan dan stagnan. Barisan pebalap tidak berubah secara signifikan namun terdapat beberapa pengemudi menunjukkan performa baik.

Sebagai contoh Fabio Quartararo yang memimpin klasemen sementara di MotoGP 2021, perlahan naik ke urutan 10 besar dari posisi awal, peringkat 15. Tapi saat mendahului Alex Rins, ia tampak kesulitan.

Sementara Marc Marquez yang memulai balapan dari posisi tujuh, kembali menunjukkan performa aresif. Dalam jumlah putaran tersebut, ia langsung mengincar posisi teratas yang ditempati Francesco Bagnaia.

Tepat berada di belakangnya, ada Pol Espargararo dan Miguel Oliveira yang terus berusaha mengejar. Tapi, jaraknya cukup jauh sekitar 2,55 detik dari Marquez.

Melirik partai bawah, sudah ada tiga kecelakaan terjadi yaitu Joan Mir dengan Danillo Petrucci di tikungan dua, diikuti oleh Jack Miller dalam dua putaran berikutnya.

Adapun pebalap Yamaha lainnya yang mendapat keuntungan dalam sirkuit kali ini, belum menunjukkan kesan yang berarti. Baik Franco Morbidelli dan Quartararo cenderung bermain aman.

Memasuki putaran ke-15, perbedaan jarak antara Bagnaia dengan Marquez dalam merebutkan posisi terdepan semakin tipis. Sementara ke posisi tiga menjauh yakni sekitar 3,33 detik.

Dalam beberapa tikungan, Marquez nambak mendekat tapi dalam trek yang lurus, Bagnaia langsung melaju menjauh dari ancaman mantan juara dunia MotoGP 2019 itu.

Kemudian, secara perlahan tapi pasti calon juara dunia MotoGP 2021 yaitu Quartararo berhasil berada di posisi ke-9 dengan perbedaan 0,23 detik saja dari Alex Rins yang tepat berada di depannya.

Untuk Valentino Rossi, masih nyaman di partai bawah dengan jarak yang cukup jauh.

Dalam kesempatan sama, drama crash semakin banyak. Bahkan, bendera kuning sempat dikibarkan setelah tunggangan Jorge Martin mencium gravel. Kondisi ini diikuti Jorge Martin tidak berselang lama.

Tersisa lima putaran akhir, Bagnaia masih memimpin barisan dibayangi Marquez. Kini, jaraknya mulai tampak menyempit dari beberapa putaran sebelumnya yakni 0,08 detik.

Sementara jarak ke posisi ketiga yang ditempati secara berurutan oleh Pol Espargararo, Oliveira, dan Aleix Espargararo ialah sekitar 5,12 detik.

Pada posisi keenam, Alex Rins dan Aleix Espargararo tampak berusaha bertahan dari tekanan Quartararo dengan jarak 0,019 detik saja. Tapi tak berselang lama, calon juara dunia itu langsung menusuk ke dalam saat melewati tikungan ke-11 dan langsung masuk ke posisi lima besar.

Morbidelli yang sempat berada di partai tengah, tampak melambat dan kini ada di posisi ke-11 menemani sang senior, Valentino Rossi.

Quartararo akhirnya menjadi juara dunia MotoGP 2021 setelah finis keempat. Quartararo disalip Enea Bastianini di lap terakhir. Kemenangan diraih Marc Marquez, disusul Pol Espargaro di posisi kedua.

Quartararo dipastikan menjadi juara dunia MotoGP 2021 setelah unggul 65 poin atas Bagnaia dengan dua seri tersisa.

Hasil MotoGP Emilia Romagna:

1. M. MARQUEZ 41 menit 52,830 detik
2. P. ESPARGARO +4.859
3. E. BASTIANINI +12.013
4. F. QUARTARARO +12.775
5. J. ZARCO +16.458
6. A. RINS +17.669
7. A. ESPARGARO +18.468
8. M. VINALES +18.607
9. L. MARINI +25.417
10. V. ROSSI +27.735

Baca Juga  Prabowo Akui Ada Orang Dekat Jokowi yang Khawatir Dia Melakukan Kudeta

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *