oleh

Kamu Kuat, Kamu Berharga

LENSAISH.COM – Setiap manusia pasti pernah merasa di titik terendah. Merasa berantakan, merasa suasana hati sangat buruk, kesepian, kehilangan, bahkan juga merasa semua segera berakhir.

Kemudian, manusia sadar atas kelebihan yang dimilikinya. Hal yang membuat dirinya kembali bangkit, bersemangat menjalani kehidupan. Ia juga yakin bahwa kegagalan atau kesulitan bukanlah masalah besar yang harus terus disesali.

Maka saat segala perasaan buruk sedang menempa, ingatlah hal ini:

  1. Semua akan Berlalu

Terdengar begitu klise bukan?
Tak apa, seburuk apapun perasaanmu saat ini, serta betapa ingin putus asa atas apa yang kamu hadapi, semua pasti berlalu.

Yakinlah, matahari yang monoton putarannya, tak pernah berputus asa menyinari harimu. Setiap pergantiannya, akan membawa hal baru.

Baca Juga  Usaha Untuk Tidak Diam

Baca Juga:

  1. Kamu Mampu Menjadi yang Lebih Baik

Kamu dianugerahi hal yang istimewa oleh Tuhan, maka berhenti membanding-bandingkan. Sebab membandingkan hanya akan mendatangkan sakit, membuang waktu dan tak berguna.

Kamu mampu melakukan yang terbaik bagi dirimu, tanpa harus melihat hal baik pada selainmu. Kemudian yakin bahwa kamu berharga.

  1. Cobaan, Jalan Menuju Kuat

Kamu hanya butuh mengaku lemah, untuk mengetahui segala kuat yang ada pada dirimu. Bahkan saat luka batin menghampiri, yakinlah bahwa kuat selalu menyertai. Kekuatan tak berasal dari mulut orang, tapi berasal dari hati terdalam.

  1. Kegagalan adalah Pelajaran

Sebagaimana kata Oprah Winfrey, “Berpikirlah seperti seorang ratu, ia tak takut gagal. Sebab kegagalan ialah langkah lain menuju suatu kebesaran.”

Baca Juga  Inilah Sosok Brelyantika, Mentor Griya Peradaban yang Lolos Beasiswa di Empat Negara Eropa

Saat hal-hal buruk terjadi, mungkin akan sulit bagi kita untuk melihat secara objektif permasalahan. Namun, pada setiap kegagalan atau kejadian yang negatif, selalu akan ada pelajaran yang bisa dipetik.

Baca Juga:

Bersabar dan percayalah pada suatu kenyataan bahwa nanti kebahagiaan yang akan kamu terima berasal dari kegagalan ini. Kamu akan lebih siap untuk menghadapi kehidupan selanjutnya.

  1. Kamu Tak Sendiri

Meskipun rasa yang tidak aman ini cenderung membatasi kita ke tempat yang sangat sepi, ketahuilah bahwa terdapat orang-orang di sekitarmu yang memberikan dan menujukkan dukungan kepada dirimu betapa menakjubkannya dan betapa berartinya dirimu.

Baca Juga  Bagaimana Indonesia Melindungi “Para Penjaga Iklim”?

Ingatlah bahwa bahkan saat dirimu merasa tak cukup baik, sahabat serta keluargamu akan selalu berkata bahwa dirimu ialah yang terbaik.

  1. Ada yang Lebih Sulit

Sementara masalahmu sangat rumit, pasti ada orang lain yang sedang merasa lebih sulit. Sementara kamu merasa putus asa, di luar sana ada yang mati-matian berusaha tetap gembira.

Baca Juga:

  1. Bersyukurlah

Sebenarnya tak ada yang benar-benar sulit, tak ada yang benar-benar rumit. Kamu hanya sedang lupa, bahwa syukur adalah jalan hidup menuju tenang.

  • Penulis: Nova Sabilatussalwa
  • Editor: Afifatun Ni’mah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *