oleh

KKN MIT UIN Walisongo Gelar Webinar Kepenulisan, Pemateri: Menulis Butuh Aksi Konsisten

LENSAISH.COM, TEMANGGUNG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram (KKN MIT) XIV Kelompok 17 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menggelar Webinar Kepenulisan dengan mengangkat pembahasan “Strategi Menerbitkan Artikel di Website dan Jurnal” pada Senin, (25/07/2022).

Acara ini diikuti 55 peserta yang terdiri dari alumni dan mahasiswa UIN Walisongo lintas angkatan, hingga mahasiswa lintas Universitas seperti Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Pandanaran (STAISPA) Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Mahmud Yunus Batusangkar Sumatera Barat, dan beberapa instansi lainnya.

Sementara itu, Deny Satrio, sarjana Psikologi dari UNESA mengaku tertarik mengikuti diskusi karena pelatihan yang mengasah skill akademik semacam ini jarang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN.

Baca Juga  Singgah Sampah GenBI UIN Walisongo, Dukung Penanganan Sampah di Kendal

“Selain saya suka terlibat dalam hal kepenulisan, ini menjadi ketertarikan sendiri karena umumnya KKN itu hanya menyelenggarakan seputar pemberdayaan masyarakat, penambahan untuk pengahasan skill menulis seperti ini jarang ditemui,” ucapnya.

“Kegiatan ini patut ditindaklanjuti, perhatian terhadap krisis kemampuan intelektual generasi era sekarang dalam hal menulis setidaknya bisa diminimalisir dengan menumbuhkan ghiroh menulis melalui diskusi ilmiah,” tambahnya.

Hal serupa juga di sampaikan Riyan Hidayat, menurutnya antusias partisipan tidak boleh hanya berhenti sampai di Webinar saja, namun menjadi awal untuk berkreasi dalam tulisan, dan mampu menghasilkan output berupa karya.

“Menulis itu memerlukan banyak aksi yang konsisten, harus digeluti, dan dieksekusi. Saya berharap, teman-teman peserta webinar tidak hanya semangat ketika mengikuti webinar saja, tetapi juga bisa melahirkan karya dengan ide gagasan cemerlang setelahnya,” ungkapnya.

Baca Juga  Sebut Skill Penting di Era Digital, CEO Aish Media Group: Harus Kreatif Menangkap Peluang

Yandi Pratama, salah satu peserta asal UIN Walisongo mengapresiasi atas terselenggaranya Webinar Kepenulisan ini.

“Apresiasi besar tentunya kepada Kelompok 17, branding acara dan relasi dari panitianya membuat antusias peserta tidak hanya berasal dari UIN Walisongo saja, tapi ada beragam instansi di Indonesia yang turut hadir dan aktif berpartisipasi selama webinar berlangsung,” pungkasnya. (LA/HA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.