oleh

Saling Memiliki dan Ingin Tumbuh Bersama, Kunci Sukses Berkembang di Komunitas

LENSAISH.COM Griya Peradaban kembali hadir menggelar Kuliah Alternatif sesi V, pada diskusi kali ini mengusung tema “Creativity And Innovation For Developing Community” pada Sabtu, (06/08/2022).

Bukan tanpa alasan, tema diskusi tersebut sebagai bentuk menumbuhkan nalar kritis khususnya para pemuda tentang bagaimana pentingnya kreativitas dan inovasi dalam menghadapi tantangan zaman.

Dalam diskusi ini menghadirkan Nurul Intan Krisnayanti (Ajudan Milenial Gubernur Jawa Barat 2021) dan Nailu Rohmatika (Leader of Smartfren Community Brebes).

Pada kesempatan ini, Nurul Intan Krisnayanti menyampaikan pentingnya “Best Practice dalam Menciptakan Inovasi Melalui Pemberdayaan Pemuda”.

Ia mengatakan bahwa pemuda menjadi salah satu kekuatan yang tentunya diharapkan dapat membuat kehidupan masyarakat lebih baik. 

Baca Juga  Apa itu TRIKON? Teori Pendidikan Ki Hajar Dewantara Yang Dapat Bersaing di Kancah Global

“Karena jika pemuda bisa memaksimalkan kualitas dan potensi dirinya masing-masing maka akan dipastikan masa depan masyarakat ini akan berubah lebih baik,” katanya. 

Diskusi kali ini juga menjawab pertanyaan bagaimana cara menjadi pemuda yang berkualitas dan memberikan inovasi khususnya dalam perkembangan masyarakat saat ini. Selain itu, saat ini yang dibutuhkan pemuda di antaranya adalah karakter, kreativitas, dan kolaborasi. 

“Kita juga perlu memahami potensi diri kita sendiri untuk kemudian upgrade diri dengan hal-hal baru sehingga mampu menjadi inspirasi dalam suatu kelompok tertentu,” imbuhnya. 

Hal senada juga di sampaikan Nailu Rohmatika, Leader of Smartfren Community. Ia menyampaikan pentingnya kreativitas dalam sebuah komunitas dan inovasi sebagai bentuk respon perkembangan zaman.

Baca Juga  Cara Mudah Menemukan Ide Menulis Ketika Pikiran Buntu

“Hal penting yang perlu di ingat pada komunitas maupun organisasi yakni ada 3 keyword yang meliputi satu kesamaan, saling memiliki, dan ingin tumbuh bersama,” ungkapnya.

Selain itu, Nailu juga memberikan amunisi terkait banyak manfaat ketika bergabung dengan komunitas atau organisasi dan memiliki jiwa kreatif. (LA/HA/Rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.