oleh

Sayur Kangkung, Baik untuk Kesehatan Mata dan Imunitas

LENSAISH.COM Sebagian orang percaya kalau makan sayur kangkung bisa membuat orang gampang ngantuk. Meski demikian, sayur hijau dengan daun panjang ini masih banyak digemari orang.

Menurut penelitian yang dilakukan pada tikus, senyawa aktif kangkung seperti kalium dan natrium memang membuat orang mengalami efek sedasi atau anestesi untuk menenangkan.

Melansir laman Dokter Sehat, ekstrak kangkung darat memiliki efek sedasi pada tikus. Efek sedasi tersebut terjadi karena menurunnya aktivitas motorik akibat proses depresi pada sistem saraf pusat.

Meski demikian, berbagai kandungan gizi pada kangkung tetap memiliki efek baik untuk kesehatan. Kandungan serat, vitamin A dan C, kalium, zat besi, kalsium dan fosfor bekerja dengan baik dalam menjaga asupan sayur bagi tubuh.

Baca Juga  Siapkan Investor Sukses, KSPM Walisongo Gelar Seminar Pasar Modal

Baca Juga:

Berikut sejumlah khasiat konsumsi sayur kangkung bagi kesehatan tubuh:

Kesehatan Mata

Tak disangka sayur kangkung ternyata bagus untuk menjaga keshatan mata. Kangkung punya kandungan beta karooten cukup tinggi yang dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan.

Beta karoten pada kangkung memiliki peran penting untuk menjaga kejernihan mata. Selain itu vitamin A juga merupakan komponen penting dalam pembentukan rhodopsin, yaitu protein mata yang berfungsi untuk ketajaman penglihatan di tempat yang minim cahaya.

Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium pada kangkung dipercaya dapat mengatur dan menurunkan tekanan darah. Meski tidak memiliki jumlah kalium yang cukup tinggi, namun konsumsi kangkung dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalium harian.

Baca Juga  Fenomena Kiai Google

Baca Juga:

Mengatur keseimbangan cairan

Selain dapat menurunkan tekanan darah, kalium juga dapat membantu mengatur keseimbangan cairan tubuh. Pada orang dewasa, tubuh membutuhkan asupan kalium sekitar 3.500 hingga 4.700 mg per hari.

Nah, kandungan 90 persen dari kangkung ini dapat membantu menyeimbangkan kebutuhan cairan tubuh jika dikonsumsi dengan jumlah yang benar.

Meningkatkan Imunitas

Vitamin A dan vitamin C diketahui dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kangkung memiliki kandungan dua vitamin ini. Selain itu, vitamin A dan C juga berperan dalam mengaktivasi sel darah putih yang dapat berfungsi melawan infeksi.

Baca Juga  Mahasiswa dan Skill Abad 21: Menyongsong Bonus Demografi dalam Bayang-Bayang Digitalisasi

Aktivitas antioksidan dari vitamin A dan C juga dapat melindungi sel-sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas. (LA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *